About “KOBUGI”

header4

Salam Kobugi…

ARTI PENTING SEBATANG POHON GAHARU, UNTUK NEGERI KHATULISTIWA.

 Puji Syukur yang tak terhingga Aku Panjatkan Kepada sang maha kuasa pencipta Bumi & Langit lengkap beserta isinya, atas hadiah terbesar yang diterima bangsa Indonesia, Sebuah negeri indah di khatulistiwa. Dijajah berates tahun tak habis, Disedot tidak kering, Digoncang tidak pecah. Sungguh aku pribadi sangat bersyukur terlahir sebagai orang Indonesia.

 Ijinkan saya membuka Biro “KOBUGI” ini, dalam menyatakan kecintaan terhadap tanah air dimana saya dilahirkan dan dibesarkan. Semoga dengan rasa syukur ini akan menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita semua dalam mengarungi samudra kehidupan yang terus bergerak bagai ombak dilautan, pasang gelombang turun naiknya tiada akan berhenti selagi bumi masih berputar dan sang surya masih terbit di timur.

Tiada sedikit pun kesempurnaan yang dimiliki, kecuali hanya setetes ilmu di lautan.

GAHARU, atau agarwood kata orang luar. Bisa tumbuh dengan subur di daerah tropis seperti yang dimiliki oleh wilayah Negara Indonesia ini. Dari bentangan timur hingga ke barat, semua bisa ditanami pohon gaharu.

02-redaksi
Aroma gaharu sudah dimanfaatkan sejak ribuan tahun yang lalu oleh berbagai kelompok agama samawi (agama Langit) Islam, Kiristen, Hindu , Budha. Bahkan suku-suku terdalam di pulau Kalimantan yang notabene masih ber kepercayaan Animisme , sangat menghargai gaharu. Digunakan dalam berbagai acara adat, spiritual….. hingga saat ini.

Gaharu dapat mempersatukan umat manusia dalam suatu keyakinan akan Tuhan Yang Maha Esa, baik antar bangsa, agama, suku, ras. Lihat lah :

  • Betapa orang Yahudi sangat menjaga keturunannya. Dengan keyakinannya minyak gaharu digunakan, diberikan , di olekan pada sprei-sprei / ruangan, pengantin yang akan melalukan hubungan suami istri, MENGAPA ?   …… Agar dalam proses pembentukan si cabang bayi tidak terganggu oleh makhluk – makluh lain nya atau pun dibantuian pembuatannya oleh setan atau pun iblis. ITULAH KEYAKINAN MEREKA. Tahukah anda harga 1 liter minyak gaharu yang original …….. ?
  • Lain Lagi Keyakinan dan Kepercayaan Para penganut agama budha di Negara Tibet, dimana dalam melakukan ritual berdo’a atau berzikir ditemani minyak gaharu , yang dipercaya dapat mempercepat perjalan roh/frekwensi yang digerakan mata bathin dan pikirannya, melebihi pesawat super sekalipun……
  • Lihat pula lah, Ka’bah yang berada negeri Saudi Arabia , pusat kiblat umat islam sedunia, dimana posisi ka’bah merupakan as bumi (hasil penelitian NASA). Di dalam ka’bah berdiri tegak 3 batang pohon gaharu gaharu yang sudah berbentuk fosil kayu berumur ribuan tahun….! Ka’bah yang megah di selimuti dengan kiswah (kain penutup berwarna hitam dengan kreasi sulaman benar emas) setiap tahun diganti dan kiswah di lumuri dengan minyak gaharu +/- 3.000 (tiga ribu) liter minyak gaharu original yang harganya US$ 35.000,- …. Bisa anda hitung …berapa nilainya ….? Berita terakhir Juni 2015, astronot Uni Soviet mendapatkan fhoto ka’bah dari ruang angkasa yang menggambarkan sebuah sinar dengan frekwensi tinggi memancar dan terlihat dari ruang angkasa dengan jarak jutaan kilometer….

Ada apa dengan ka’bah dan Gaharu ?

 Di bidang farmasi dan kedokteran, buyer dari china dan german , Canada berani membeli 1 kg gaharu alam grade A dengan harga diatas US$ 3.000. …….. Ada apa dengan gaharu harganya begitu tinggi ?

Dengan permintaan gaharu dunia sekitar 4.000 (empat ribu) ton per tahunnya. Belum bisa terpenuhi, bahkan ketersediaan nya semakin berkurang dari tahun ke tahun.

Disini peluang Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan akan gaharu dunia …..!

  • Gaharu hanya bisa tumbuh di daerah tropis.
  • Gaharu dibutuhkan oleh dunia dalam jumlah yang besar.
  • Hingga kini baru bisa terpenuhi 20% saja akan gaharu kwalitas eksport (grade AB Ke atas).

Indonesia mempunyai peluang besar ini , akan kah kita gunakan kesempatan emas ini untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia ?   ….. jawabannya tergantung kita semua.

 Glone Muhammad, Juni 2015

LOGO-2

Salam Kobugi…

Perkembangan pembudidayaan pohon gaharu di indonesia, terhitung sejak tahun 2010 hingga saat ini, memerlukan suatu pencerahan untuk pelaku pembudidayaan pohon gaharu. Agar tidak terjadi berbagai kemungkinan kekeliruan yang dilakukan oleh petani dalam melakukan pembudidayaannya.

 Saat saya melakukan penulisan di blog sederhana ini, dapat terlihat begitu antusiasnya berbagai kalangan untuk melakukan pembudidayaan pohon gaharu, mulai dari level masyarakat petani paling bawah hingga pejabat, pengusaha, milyarder dan tokoh-tokoh masyarakat di seantaro negeri nusantara ini.

 Di pergunakannya peluang ini oleh banyak pihak dalam pembudidayaan pohon gaharu, sangatlah membanggakan pohon gaharu itu sendiri. Hanya saja ada segelintir orang yang hanya ingin mendapatkan keuntungan sejenak dari peluang ini, melakukan hal-hal yang menurut saya akan merusak pasar dan image masyarakat tehadap budidaya pohon gaharu kedepan, seperti :

  • Munculnya Multi Level Marketing dengan dalih investasi gaharu yang perhitungannya hasil panennya tidak masuk akal.
  • Kelompok-Kelompok yang menjanjikan bagi hasil yang tidak sesuai, dimana petani hanya mendapatkan bagian dari usaha tersebut dibawah 45% saja, sementara pemilik lahan dan pelaku pemeliharaan adalah petani sendiri.
  • Kebanyakan para petani beranggapan bahwa pohon gaharu sama seperti pohon jati atau pohon sengon, yang hasil panennya diperhitungan berdasarkan ukuran pohon. Anggapan ini dapat memicu kekecewaan yang mendalam di saat panen yang diharapkan tiba, 8 tahun kemudian.
  • Berjalannya proses budidaya ini dengan cara sendiri-sendiri, sehingga semakin timbul multi dimensi pemahaman tentang gaharu yang keluar dari tujuan yang sebenarnya.
 MENDASARI BEBERAPA ALASAN DIATAS, SAYA HADIR UNTUK ANDA, MEMBANTU DI DALAM PEMECAHAN MASALAH PARA PELAKU PEMBUDIDAYAAN POHON GAHARU DI INDONESIA

kartuNAMA-GM

Leave a comment